Home » Academic » Linieritas Menurut Surat Dirjen Dikti tahun 2014

3 thoughts on “Linieritas Menurut Surat Dirjen Dikti tahun 2014

  1. Tanya: Salam hormat. Apakah peraturan baru bahwa mengurus NIDN & pangkat akademik, mata kuliah yg diajar harus sesuai bidang/disiplin ilmu S2?

    Jawab: Bunda Holy Chaniago

    Dik Sulaeman Arifin,
    Untuk NIDN, tidak ada satu pasal baik dalam Permen tentang registrasi pendidik maupun Permen tentang jafung dosen yang menentukan pengajuan nidn harus linier bidang ilmu di ijazah terakhir dengan bidang penugasan.

    Untuk Jabatan fungsional akademik, apabila bidang ilmu S1 dan S2 tidak serumpun, lalu mengajar mata kuliah (bidang penugasan) yang tak sesuai bidang ilmu di ijazah S2, tidak bisa diajukan jafungnya, ketentuan ini diatur dalam pedoman PAK dosen terbitan Des 2014 update terakhir Juli 2015.

    Kalopun ada kopertis yg menolak validasi ajuan nidn apabila bidang ilmu ijazah terakhir tidak sesuai dengan bidang penugasan, itu adalah kebijakan bersifat lokal di lingkungan kopertis tsb yang bisa jadi untuk melindungi karir dosen, agar tidak terkunci di bidang penugasan yg tak sesuai sehingga tak bs ajukan kenaikan jafung dan kepangkatan di kemudian hari.

    Perlu jadi perhatian :
    Apabila pengusul berstatus lulusan S2, bidang ilmu S2 dan S1 serumpun dan sebidang;
    Maka carilah homebase (bidang penugasan) yg mengampu mata kuliah yg sesuai dengan bidang ilmu ijazah S2, dan lakukan publikasi di bidang ilmu ini.
    Atau
    Lulus S2, bidang ilmu S1 dan S2 serumpun tapi tidak sebidang.
    Bisa menjadi dosen pengampu mata kuliah yg sesuai bidang ilmu S1 atau S2, lakukan publikasi sesuai bidang penugasan tsb.
    Atau
    Lulus S2, bidang ilmu S1 dan S2 tidak sesuai
    Cari bidang penugasan sesuai bidang ilmu di S2 (ijazah terahir), lakukan publikasi sesuai bidang ilmu S2. Swkt usulkan jafung, kum ijazah S2 tidak dapat nilai penuh 150, krn tidak linier antara ijazah S1 dan S2, perlu tambah kum.

    Jadi bidang ilmu di ijazah, bidang penugasan (mata kuliah yg diampu) dan publikasi yg sesuai, merupakan segitiga kelinieritas bidang ilmu yg hrs jadi perhatian baik calon dosen maupun dosen pemula.

    Ok ya, semoga sudah cukup jelas,
    Fitri.

    Like

  2. salam, saya mau nanya tentang pengisian data serdos di langkah 3 (CV), waktu pertama saya isi masih terbuka tapi kemudian sudah tidak bisa terbuka lagi untuk pengisian CV seperti riwayat pendidikan dll yang mau saya tambahkan..bagaimana solusi yag dapat saya lakukan ya mba..tks

    Like

    • Salam.

      Untuk konsultasi mengenai apa yang Mbak hadapi, ada baiknya telusur di Facebook kemudian berkenalan dengan Bunda Holy Chaniago di Grup Pojok Pendidikan.

      Beliau berdasar pengalaman saya, mempunyai banyak informasi mengenai tips dan trik administrasi perdosenan. Atau, ini yang jauh lebih baik, silakan gabung saja di Grup Facebook “Pojok Pendidikan.”

      Semoga terselesaikan problemnya.

      Salam.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s