Home » Selected Contemplation » Membongkar Statistik Puisi Esai Denny JA

Membongkar Statistik Puisi Esai Denny JA

Tulisan ini adalah tulisan yang disalin-tempel dengan sedikit adaptasi dari notes Facebook akun Sahlul Fuad. Terbit ulang di blog ini berlindung pada payung ‘fair use‘. Tulisan ini terbit pertama kali pada akun Facebook milik Sahlul Fuad pada 1 Februari 2014.

_________________________________________________

“Sampai saat ini saya belum mendengar ada penyair yang karya puisinya dibaca oleh begitu banyak orang seperti puisi esai yang digagas oleh Denny JA,” kata Ahmad.

Dia mengatakan, hanya satu tahun setelah buku puisi esai Denny yang berjudul Atas Nama Cinta dipublikasikan di web (2012), puisi itu dibaca oleh hampir 8 juta orang dengan ribuan respons, seperti bisa dilihat di website http://www.puisi-esai. com.

“Sebagai perbandingan, di kalangan selebriti saja, rekor semacam itu hanya bisa dicapai oleh Agnes Monica yang video youtube-nya Matahariku dihit oleh 7 juta netters,” kata Ahmad

Kutipan berita di atas bersumber dari berita dengan judul Tim 8: Justru aneh kalau Denny JA tak masuk ’33 Tokoh Sastra'”

Setelah membaca berita di atas dan ada orang ngomongin pagerank website http://www.puisi-esai. com cuma 1/10, tiba-tiba saja saya penasaran dan bersemangat untuk mendiagnosa website http://www.puisi-esai. com itu. Selaku orang yang pernah mempunyai hobi ngeBLOG, insting blogger saya kembali bergolak.  Benarkah website yang menjadi salah satu argumentasi memasukkan Denny JA dalam “33 Tokoh Sastra Paling berpengaruh di Indonesia”?

Saya mulai meng-Googling segala perangkat blog yang sudah tersedia banyak di dunia maya ini. Saya pilih www.alexa.com, www.statshow.comwww.checkpagerank.net, dan www.fortiguard.com. Cukuplah untuk mengetahui kondisi http://www.puisi-esai. com yang konon hebat itu.

tampilan laman puisi-esai.com via Sahlul Fuad

tampilan laman puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Dari beberapa website yang menyediakan alat pengecek website itu, tampaklah riwayat dan status website puisi esai. Dengan memasukkan website puisi-esai tampaklah tampilan seperti di bawah ini.

Riwayat Kunjungan Laman puisi-esai.com via Sahlul Fuad

Riwayat Kunjungan Laman puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Dari sini saya bisa mengetahui bahwa website puisi esai baru diluncurkan pada 30 Januari 2012. Website ini mengalami lonjakan peringkat (ranking) mencapai 40% selama 3 (tiga) bulan terakhir. Pengunjung webiste ini mencapai sekitar 6.720 pengguna dan tercatat  sekitar 14.790 pageviews per bulan. Dari angka tersebut dapat diketahui ada sekitar 224 penjunjung/hari dan tercatat 493 pageviews/hari. Jika dihitung rata-rata per tahun terhitung 81.760 pengunjung dan tercatat 179.945 pageviews/tahun. Untuk lebih detail para pengunjung sampai per detiknya, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Riwayat Kunjungan Pengguna Internet ke Laman puisi-easi.com via Sahlul Fuad

Riwayat Kunjungan Pengguna Internet ke Laman puisi-easi.com kredit pada Sahlul Fuad

Dari gambar di atas tampak terjadi lonjakan kunjungan pada tanggal 18 Oktober 2013, yang mencapai 407 pengunjung. Pengunjung tertinggi pada tahun 2012 terjadi pada 17 September 2012 mencapai 161 pengujung. Pada 14 Juni 2013 juga terjadi lonjakan mencapai 160 pengunjung. Dan tanggal penting lainnya terjadi pada 26 Oktober 2013 yang mencapai 231 pengunjung. Rata-rata seorang pengunjung melakukan klik atau membuka 2-3 halaman/hari.

Berdasarkan catatan harian tersebut, google mencatat popularitas website ini mencapai 1.962.148 tingkat global dan peringkat ke-26.954 di antara website yang berada di Indonesia lainnya. Google juga merekam kata-kata kunci yang dipergunakan para pengunjung untuk menemukan website ini.  Rata-rata  hanya 31,40% pengunjung yang tampaknya tersesat atau hanya sekedar mengintai di website ini sejenak. Namun rata-rata pengunjung serius membuka website ini sampai 4:04 menit.

Peringkat Popularitas Laman puisi-esai.com via Sahlul Fuad

Peringkat Popularitas Laman puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Asal Wilayah Pengunjung Laman puisi-esai.com via Sahlul Fuad

Cara Pengunjung Menemukan Laman puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Asal Wilayah Pengunjung Laman puisi-esai.com via Sahlul Fuad

Asal Wilayah Pengunjung Laman 100% dari Indonesia puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Dari gambar di atas juga dapat diketahui bagaimana dan apa yang dicari pengunjung hingga tersesat di website ini. Ada banyak pintu (link) dan cara untuk sampai di website ini. Terdapat 39 website/ blog yang terpasang saluran langsung (link) ke website puisi esai ini, di antranya:

  1. wikipedia.org: http://en.wikipedia.org/wiki/Denny_Januar_Ali
  2. Blogger.com: http://blogger.com/profile/04146166890490755952
  3. Kompasiana.com: http://unik.kompasiana.com/2012/08/26/rp-250-juta-buat-kompasianers-488190.html
  4. Gmane.org: http://blog.gmane.org/gmane.culture.region.china.budaya-tionghua/month=19700101/page=29
  5. Hidayatullah.com: http://www.hidayatullah.com/read/24852/17/09/2012/kisah-gerakan-liberalisme-denny-ja-dan-%E2%80%9Cyahudi-tengik%E2%80%9D-.html

Meski banyak saluran, tapi pengunjung website ini sama sekali tidak diminati pengguna yang berasal dari manca negara. Kepopuleran Denny JA, yang pernah lama di luar negeri, tidak mampu menggaet orang untuk mengunjungi websitenya. Bahkan mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri pun tidak tampak berkunjung. Website ini 100% dikunjungi orang yang berdomisili di Indonesia.

Pengujian Angka

Klaim bahwa Website ini dihit oleh 7 juta orang lebih, dan ini tampaknya masalah serius. Apalagi, Ahmad Gaus membandingkan dengan popularitas youtube lagu “Matahariku” Agnes Monica. Padahal dilihat dari riwayat lalu lintas pengunjung menurut alexa dan pagerank tidaklah sedahsyat itu. Oleh karena itu, mari kita uji dari mana angka 7 juta lebih itu berasal.

Saya mengklik kanan angka pertama dalam 7 juta itu, lalu saya pilih “Open image in new tab”. Ternyata saya baru tahu bahwa angka tersebut adalah gambar yang berjenis Portable Network Graphics  (PNG). Di Tab Baru itu tampaklah  angka “7” yang bersumber pada sebuah plugin WordPress Hit Counter yang bergaya Classic Rock. Sebuah alat penghitung yang disediakan pengembang website yang berbasis di WordPress.

via Sahlul Fuad

Pengujian Angka kredit pada Sahlul Fuad

Oleh karena saya juga punya website/blog yang menggunakan WordPress, saya pun melacak keberadaan plugin tersebut. Ketemulah plugin tersebut. Dari plugin tersebut tampaklah cara-cara penggunaannya. Termasuk tentang pengaturan angka sampai “854”. Saya tidak percaya bahwa angka yang diberikan dalam contoh tersebut adalah batas maksimal. Untuk itu saya terpaksa menginstall di blog saya.

Tampilan Plugin WordPress Hit Counter via Sahlul Fuad

Tampilan Plugin WordPress Hit Counter kredit pada Sahlul Fuad

Setting Plugin WordPress Hit Counter via Sahlul Fuad

Setting Plugin WordPress Hit Counter kredit pada Sahlul Fuad

Dari gambar di atas, kita bisa mengetahui bahwa angka 7 juta hit pada 2012 adalah rekayasa. Saya telah membuktikan dengan angka yang lebih besar dari 7 juta pun bisa. Bahkan 900 miliar pun bisa.

Selanjutnya, saya akan mencoba menafsirkan beberapa peristiwa yang mengakibatkan terjadinya lonjakan pengunjung website puisi esai yang terjadi pada:  tanggal 18 Oktober 2013 (yang tercatat 407 pengunjung), yang merupkan catatan tertinggi pada tahun 2012; peristiwa tanggal 17 September 2012 yang mampu membawa  161 pengujung; hubungan website dengan peristiwa pada 14 Juni 2013 yang juga membikin lonjakan mencapai 160 pengunjung; lalu mencoba peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 26 Oktober 2013, yang mengarahkan netter mencapai 231 pengunjung; dan angka 83,64% di google.

17 September 2012

Peristiwa 17 September 2012 via Sahlul Fuad

Peristiwa 17 September 2012 kredit pada Sahlul Fuad

Terungkap bahwa pada tanggal 17 September 2012, nama Denny JA menjadi berita yang cukup panas di website www.hidayatullah.com/read/2012/09/17/2349/kisah-gerakan-liberalisme-denny-ja-dan-yahudi-tengik.html. Artikel yang berjudul “Kisah Gerakan Liberalisme Denny JA dan “Yahudi Tengik”” karya Nuim Hidayat itu tampaknya langsung  mengajak 161 pembaca untuk mengunjungi website Denny JA.

14 Juni 2013

Apa yang terjadi pada tangal 14 Juni 2013 sehingga pengunjung website Denny JA melonjak 160 pengunjung? Rupanya pada tanggal itu, ada Pengumuman Lomba Review Film Denny JA 2013. Lomba ini menjanjikan hadiah berikut:

  • Pemenang pertama Rp 20 juta
  • Pemenang kedua Rp 15 juta
  • Pemenang ketiga Rp 10 juta
  • Pemenang keempat Rp 5 juga
  • Panitia juga menyediakan 8 unit iPad2 sebagai hadiah hiburan (5 pemenangnya ditentukan berdasarkan penjurian, semantara 3 lainnya ditentukan lewat pengundian).

Wajar saja ada peningkatan jumlah pengunjung yang tidak biasa.

Pengumuman Lomba Review Film Denny JA 14 Juni 2013 via Sahlul Fuad

Pengumuman Lomba Review Film Denny JA 14 Juni 2013 kredit pada Sahlul Fuad

18 Oktober 2013

Saya paling heran melihat angka 407 pengunjung yang menunjukkan melakukan kunjungan website Denny Januar Ali pada tanggal 18 Oktober 2013. Padahal hampir tidak ada peristiwa penting sama sekali yang terkait dengan urusan puisi atau film Denny JA yang terjadi pada masa ini.

9 Artikel Baru di dennyja-world.com 18 Oktober 2013 via Sahlul Fuad

9 Artikel Baru di dennyja-world.com 18 Oktober 2013 kredit pada Sahlul Fuad

Namun google mencatat aktivitas mencurigakan pada tanggal itu. Azwar, seorang pengelola website www.dennyja-world.com/author/azwar/ memosting 9 tulisan di website itu. Namun ada yang menarik pada tanggal 17 Oktober 2013. Tempo online memberitakan bahwa Denny JA menyumbangkan seekor sapi untuk Kelurahan Lenteng Agung yang dipimpin oleh Ibu Susan.

“Ini bentuk support moral pada Bu Susan,” ujar Direktur Yayasan Denny JA, Novriantoni Kahar, Rabu, 16 Oktober 2013. Ia menyatakan penitipan kurban di Kelurahan Lenteng Agung diharapkan bisa menimbulkan kemesraan antara warga dengan lurah.

Sapi Deny untuk Lurah Susan, 17 Oktober 2013 via Sahlul Fuad

Sapi Deny untuk Lurah Susan, 17 Oktober 2013 kredit pada Sahlul Fuad

Selain itu, ada juga pengumuman lomba penulisan puisi esai yang batas akhir pengirimannya tanggal 28 Oktober 2013.

26 Oktober 2013

Kenapa 251 orang berkunjung ke website puisi esai, padahal juga tidak ada momen khusus yang berkaitan langsung, kecuali batas waktu pengiriman karya lomba yang ditetapkan 28 Oktober 2013? Rupanya pada tanggal 26 Oktober 2013, Google mencatat sebuah berita yang cukup menarik di detik.com yang mengabarkan bahwa

Ketua Dewan Pembina Gerindra Prabowo Subianto tak mau ambil pusing terkait hasil survei sejumlah lembaga. Prabowo yakin Gerindra akan memenuhi syarat pengajuan calon presiden.

“Saya yakin lolos 20 persen (syarat partai mengusung capres, red),” kata Prabowo berbicara kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (26/10/2013).

Selain itu saudara Azwar, pengelola website dennyja-world.com merilis 6 artikel di website itu.

26 Oktober 2013 via Sahlul Fuad

26 Oktober 2013 kredit pada Sahlul Fuad

Di Balik Angka 83,64%

Sebagaimana gambar di bawah ini, tercatat  angka 83,64% dalam pencarian di google yang menggunakan kata kunci “Puisi esai apa dan mengapa”.

Cara pengunjung Menemukan www.puisi-esai.com via Sahlul Fuad

Cara pengunjung Menemukan http://www.puisi-esai.com kredit pada Sahlul Fuad

Ada petunjuk yang sangat jelas untuk mengungkap informasi di balik angka ini. Dalam pengumuman Lomba Penulisan Puisi Esai dicantum keterangan berikut:

Untuk memahami apa itu puisi sajak, lihat:

Puisi esai, apa dan mengapa (search di Google, ditulis oleh Denny JA)

Workshop Puisi Esai Denny JA (Search di Youtube, 3 seri video)

Lima puisi esai Denny JA (Sapu Tangan Fang Yin, Romi dan Yuli dari Cikeusik, Minah Tetap Dipancung, Cinta yang Dirahasiakan, Bunga Kering Perpisahan) yang bisa dibaca di www.puisi-esai.com

Potongan Poster Pengumuman Lomba via Sahlul Fuad

Potongan Poster Pengumuman Lomba kredit pada Sahlul Fuad

Di gambar tersebut juga terdapat angka 20,5% unique visits. Unique visits ini  berarti terjadi sebanyak 20,5% kunjungan ke website ini beberapa kali. Uniqe Visitors berarti satu orang yang mengunjungi situs web beberapa kali. Misalnya, satu pengunjung unik mungkin membuat beberapa kunjungan unik ke situs web selama beberapa hari.  Menghitung pengunjung unik umumnya berarti menghitung jumlah alamat IP yang unik. Analyzer ini mengasumsikan bahwa ini adalah orang-orang yang terpisah.

Menghitung pengunjung unik memiliki dua masalah utama:

1. Dalam banyak kasus pengunjung yang sama memiliki banyak alamat IP yang berbeda dari waktu ke waktu.

2. Dalam beberapa kasus beberapa pengunjung tampaknya memiliki alamat IP yang sama.

Demikianlah pembongkaran angka-angka statistik yang berkaitan dengan website puisi esai Denny JA, yang hanya dari luar. Untuk memastikan isi dalamnya lagi, saya persilahkan pengelola webiste http://www.puisi-esai.com untuk membuka kepada publik. Syukur jika  orang lain diperkenankan untuk mengaudit kebenaran data yang ditampilkan. Kalau tidak diperkenankan, semoga ada hacker yang berkenan untuk mengauditnya.

Dari pemaparan di atas, saya meyakini bahwa TIM DENNY JA telah melakukan rekayasa data dan melakukan Kebohongan Publik. Dan Tim 8 Penyusun Buku 33 Tokoh Sastra  yang memasukkan Denny JA sebagai salah satu dari 33 tokoh sastra yang berpengaruh di Indonesia tidak memiliki alasan yang absah untuk menjadikan 7 juta netter sebagai pertimbangan keterpengaruhan Denny JA dalam Kesusatraan Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s