Home » Poem » I Miss You Me Son

I Miss You Me Son

I miss you me son,

Teringat pada kisah-kisah travel writing. Di tempat baru kadang kita jadi suka meracau, melakukan hal-hal konyol, merasa lebih nasionalis, membangun ruang imajiner, atau apapun yang kita pikir dapat membuat kita baik-baik saja ketika jauh dari rumah atau semacam rekuperasi foni bahwa kita tidak sedang jauh dari rumah.

Tapi itu membuat kita nampak bodoh serupa lukisan Eugene vonGuerard.
Mungkin Bono tepat sindiran dengan kalimatnya ‘you’ve got to get yourself together’. Teguran yang bijak namun tidak sempat ia tuturkan ke Michael Hutchence.

I miss you me son,

Atau memang episode ini adalah momen di mana penulis travel writing kadang sinikal, naif, khilaf bahwa mereka tidak sedang ada di rumah namun mereka membandingkannya dengan rumah.
Ya rumah. Tempat di mana Toto Sudarto Bachtiar dengan kalimatnya ‘di rumahku besar sekali nubuah sebuah kisah’ menjadikan rumah menjadi tempat yang kita rindukan.
Ia adalah tempat yang kita hapal tiap pojok sudutnya, bau khas kamarnya, senyum dan keluh manusiawi penghuninya yang menjadikannya memang disebut rumah.
Ia bisa didendangkan laiknya Delores kangen pada rumahnya, dalam Oda pada Keluarganya. Ia tempat berlabuh dan kepada doa-doa tak bosan sepenuh.


I miss you me son, 

Dan rindu dan sepi inilah yang mengajariku untuk makin bersyukur. Sadar bahwa aku menulis ini pada keadaan aku paham, makin paham mengapa aku di sini, jauh dari rumah.
Benar juga kata Ahmad Dhani, ratap rindu tidak hanya kepada mereka yang mengangkat sauh dan dari rumah jauh. Mereka, rumah, juga belajar jauh dariku.
Ya rindu dan sepi juga mengajariku banyak hal: yang ku tulis, yang ku ceritakan, yang aku bisikkan pada Kekasihku, Pelindungku, Penutup kesalahanku, Pengampun kekuranganku, Pencukup rasa kurangku.

Clayton mari berkawan padaku kini!

26 Mei 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s