Home » Selected Contemplation » Indonesia – Singapura – Australia – Malaysia

Indonesia – Singapura – Australia – Malaysia

Bertetanggalah dengan cara yang baik sebab tetangga adalah saudara terdekatmu.

Well, bagi saya, seorang warga negara Indonesia, isu yang sedang hangat dengan Singapura, Australia, dan Malaysia sungguh menggelisahkan.

1. Kasus dengan Singapura

Bagaimana jika Singapura memberi nama kapal perang atau kapal patroli yang berkeliaran di sekitar perbatasan perairan Indonesia dengan nama ‘teroris’ dalam sejarah Indonesia meskipun bagi Singapura ‘teroris’ ini adalah pahlawan?

2. Kasus dengan Australia

Bagaimana jika Australia mendapati bahwa BIN juga menyadap pejabat-pejabat Australia demi kepentingan keamanan nasional?

Bagaimana jika BIN sudah sangat tangguh dan benar-benar serius bekerja di bidang intelijen sehingga negara-negara lain tidak dengan  mudahnya menyadap pejabat-pejabat penting kita?

3. Kasus dengan Malaysia

Bagaimana jika budaya yang berakar Melayu, muncul di Sumatra dan semenanjung Malaya, kita klaim sebagai hanya milik bangsa Indonesia? Bagaimana jika kemudian budaya yang berakar Dayak, yang berasal dari pulau Kalimantan tempat 3 Negara berada, kita klaim sebagai hanya milik bangsa Indonesia? Lalu bagaimana jika kita tidak pernah mengatakan bahwa budaya Malaysia adalah serumpun dengan budaya bangsa Indonesia?

Indonesia, Singapura, Australia, dan Malaysia adalah negara-negara yang saling bersebelahan. Jadi bagaimana jika kita duduk bersama dengan kepala dingin dan tidak menggunakan isu-isu seperti itu untuk kepentingan politik domestik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s